Materi 5 dan Tugas : Logika dan Alogaritma Komputer
ABSENSI :
1. Kelas X AKL : Klik di sini
2. Kelas X OTKP : Klik di sini
3. Kelas X MM : Klik di sini
4. Kelas X BDP : Klik di sini
Atau melalui link yang di share di group WA
Pengertian Logika dan Algoritma
Logika adalah ilmu yang mengarahkan cara berpikir untuk melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu. Kata Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu "logos" yang berarti ilmu.
Algoritma adalah langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis memakai bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan.
Algoritma berasal dari nama Ilmuwan Arab yang bernama Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi yaitu penulis buku "Al Jabar Wal Muqabala".
Kata Al Khuwarizmi dibaca oleh orang barat menjadi Algorism, kemudian lambat laun menjadi Algorithm Dan diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Algoritma.
Tujuan / Manfaat Logika dan Algoritma
Adapun tujuan atau manfaat belajar logika dan algoritma sebagai berikut.
Tujuan Belajar Logika
- Membuat seseorang mampu berfikir benar.
- Menambah daya pikir (dengan cara melakukan latihan, mengungkapkan / menganalisis permasalahan).
- Membuat seseorang mampu meletakkan sesuatu pada tempatnya dan mengerjakan sesuatu pada waktunya.
- Membentuk setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara lurus, kritis, rasional, ketat, tertib, dan metodis.
- Meningkatkan kemampuan secara objektif dan format.
- Menambah kecerdasan dan meningkatkan keahlian berpikir secara mandiri dan tajam.
- Memaksa dan mendorong untuk berpikir sendiri dengan menggunakan akses akses sistematis.
- Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan berpikir, kekeliruan, serta kesesatan bernalar.
- Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.
Tujuan Belajar Algoritma
- Tidak tergantung pada bahasa pemrograman mana pun.
- Notasi algoritma dapat diterjemahkan pada bahasa pemrograman mana pun.
- Memperkuat cara berfikir kita untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Membantu otak agar berfikir panjang.
- Memperkuat analisis ketika pembuatan program.
- Memperluas space berpikir.
Sifat-Sifat Algoritma
Algoritma dikatakan baik jika memiliki enam sifat berikut.
- Input. Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum dilaksanakan, biasanya berupa nilai-nilai berupa yang diambil dari himpunan khusus.
- Output. Suatu algoritma akan menciptakan output setelah dilakukan. Suatu algoritma akan mengubah suatu kondisi awal menjadi kondisi akhir, dimana nilai akhirnya diperoleh dari nilai masukkan yang telah diproses melalui algoritma.
- Definiteness. Metode yang dituliskan dalam algoritma terdefinisikan dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh user algoritma.
- Finiteness. Suatu algoritma harus mempunyai kondisi output atau akhir, setelah sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya yang dilakukan terhadap setiap kondisi awal atau input telah diberikan.
- Effectiveness. Setiap langkah dalam permasalahan dilaksanakan dalam waktu tertentu, hingga pada akhirnya mendapat solusi sesuai dengan yang diharapkan.
- Generality. Metode algoritma berlaku untuk setiap himpunan masukkan yang sesuai dengan persoalan yang diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.
Ciri-Ciri Algoritma
Adapun ciri-ciri algoritma sebagai berikut.
- Memiliki awal dan akhir (terbatas).
- Tidak memiliki arti ganda dan tidak membingungkan (tidak ambigu).
- Memiliki input.
- Memiliki output.
- Harus efektif (bisa menyelesaikan persoalan).
Hal yang Perlu diperhatikan dalam Membuat Algoritma
Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan saat membuat algoritma.
- Teks algoritma berisi deskripsi metode penyelesaian masalah.
- Tidak ada simbol yang baku dalam penulisan teks algoritma, seperti simbol bahasa pemrograman.
- Semua orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmanya sendiri.
- Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman, dikarenakan pseudocode dalam notasi algoritma tidak dapat dipakai oleh sistem.
- Algoritma sebenarnya dipakai untuk membantu anda dalam mengkonversikan suatu masalah ke dalam bahasa pemrograman.
- Algoritma adalah hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dijalankan oleh sistem.
TAHAP PENYELESAIAN MASALAH

2. Mencari dan menyerahkan buku yang sudah di pilih ke kasir.
3. Kasir akan menginput data data buku yang kita pilih dan akan muncul di monitor pc kasir "Total Bayar".
4. Kita bayar sesuai "Total Bayar" di monitor kasir.
6. Buku kita bawa pulang.
Dengan digram alur flowchart

CONTOH ALOGARITMA
Algoritma pada saat membeli buku di toko buku :
1. Datang ke toko buku.2. Mencari dan menyerahkan buku yang sudah di pilih ke kasir.
3. Kasir akan menginput data data buku yang kita pilih dan akan muncul di monitor pc kasir "Total Bayar".
4. Kita bayar sesuai "Total Bayar" di monitor kasir.
Datang ke toko buku.
5. Kasir membungkus buku yang sudah kita bayar kemudian akan menyerahkan struk buku ke kita.6. Buku kita bawa pulang.
Dengan digram alur flowchart
Tahap Proses Uji Algoritma :
a. Fase Debbuging
yaitu fase untuk mengecek kesalahan program.
b. Fase Profilling
yaitu fase untuk menentukan waktu tempuh dan banyak nya memori program
yang digunakan .
Struktur Dasar Algoritma :
1. Sekuensial (runtunan)
Langkah-langkah yang dilakukan dalam algoritma diproses secara berurutan mulai dari langkah awal sampai akhir.
2. Pemilihan/Percabangan (selection)
pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan.
3. Perulangan (repetition/looping)
suatu perintah yang dilakukan beberapa kali (berulang).
Kriteria Pemilihan Algoritma :
1. Ada Output
algoritma harus memiliki output yang merupakan solusi dari masalah yang dikerjakan.2. Efektifitas dan Efisiensi
Algoritama harus menghasilkan solusi yang sesuai dengan masalah atau tepat guna (Efektif).3. Berakhir
Suatu proses algoritma harus berakhir, baik itu ditemukan solusinya atau tidak.
4. Terstruktur
Urutan barisan langkah-langkah harus disusun rapi agar proses algoritma tidak rumit.Untuk Memperjelas materi tersebut silahkan kalian lihat dan pelajari video pembelajaran di bawah ini :
TUGAS :
Buat alogaritma sederhana ( contoh: ada di uraian materi di blog maupun di video pembelajaran ) dalam kehidupan sehari-hari. Kirim jawabanmu melalui link di bawah ini :
Link pengiriman tugas :
1. Kelas X AKL : klik di sini
2. Kelas X MM : klik di sini
3. Kelas X OTKP : klik di sini
4. Kelas X BDP : klik di sini
Komentar
Posting Komentar